Diposting oleh Unknown on Jumat, 21 September 2012


 
Definisi Blog dan Manfaat Bloger




Apa sih blog itu ?. Sebuah kata populer untuk menyebut sebuah website yang berisi tulisan, gambar, video bahkan berisi komentar orang lain.
Istilah Blog diperkenalkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997, berasal dari kata Web dan Log. Web adalah website dan Log adalah catatan kronologis. Istilah Blog oleh Jorn Barger dipakai untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu disertai dengan komentar-komentar oleh orang lain dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik.
Oleh Wikipedia, pengertian Blog diperluas lagi menjadi sebuah website yang biasanya diurus oleh seseorang dengan isi tulisan menurut diri pribadi yang diperbaharui setiap saat, berisikan deskripsi kegiatan dan material lain seperti gambar serta video. Format tulisan biasanya diurutkan secara kronologis. Banyak blog digunakan untuk catatan informasi dengan topik bahasan tertentu disamping fungsi lain sebagai catatan pribadi seseorang. Sebuah blog biasanya berisi teks tulisan, gambar, video, dan link ke blog lain. Kemampuan untuk meninggalkan komentar dari pihak lain adalah kekuatan dari sebuah blog. Kebanyakan blog berisi tulisan pribadi pemiliknya, terkadang pula blog berisikan topik khusus seperti seni, sketsa, photography, video, musik, audio, yang menjadi bagian dari media sosial. Terminologi blog berkembang lagi melahirkan Micro Blogging, yaitu tipe lain dari blogging (kegiatan nge-blog) yang berisikan tulisan pendek.
Pengguna blog adalah individu/pribadi, komunitas, organisasi, bahkan perusahaan. Pengguna individu bisanya disebut blogger. Kehadiran blog adalah sebagai media informasi dua arah, sehingga sering dimanfaatkan oleh individu itu menyebarkan ide pemikirannya (contoh blog pribadi: milik Bli Anton, Bli Devari, Bli Pande, Gek Fenny, dll). Contoh blog komunitas adalah Bali Blogger Community, Warga Arya Wang Bang Pinatih, Komunitas Tangan di Atas, dll. Blog organisasi seperti IMTPI, Kisara, dll. Blog juga digunakan oleh perusahaan untuk media komunikasi antara juru bicara perusahaan dan pelanggannya atau untuk kepentingan publik. Perusahaan dapat menggunakan blog untuk meluncurkan produk/layanan, menanggapi isu atau kritik dan menyampaikan kebijakannya. Contoh blog perusahaan adalah Bali Orange Communications, Microsoft, General Motors, Kalbe Farma, Bcbali Handicraft, dll (Susah banget cari blog perusahaan di Indonesia).
Secara umum, ciri-ciri website bertipe blog adalah :
  1. Terdapat tulisan informatif yang tersusun secara kronologis berdasarkan waktu dan terbagi menjadi beberapa kategori.
  2. Tulisan tersimpan rapi berurutan dalam arsip berita berdasarkan bulan.
  3. Terdapat fasilitas untuk meninggalkan pesan atau komentar terhadap informasi yang tersaji dalam blog.
  4. Biasanya terdapat link ke website/blog favorit lain.
  5. Dan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti, cuplikan foto, shoutbox, pencarian informasi dalam blog (search), dll.
Untuk bisa memiliki blog, sangat mudah. Sekarang sudah banyak penyedia blog gratis yang akan menampung semua informasi Anda baik itu tulisan teks, gambar, audio, dan video. Penyedia blog yang populer diketahui adalah Wordpress, Blogger, TypePad, dll. Penyedia blog populer saat ini dari Indonesia adalah Dagdigdug dan blogdetik. Mereka mempunyai sistem pendaftaran yang mudah dipahami. Tidak perlu menjadi programmer website atau web desainer untuk mempunyai sebuah blog.
Karena gratis, maka nama blog yang Anda terima masih ada embel-embel nama penyedia blog, misal http://sibadu.wordpress.com. Blog bisa menggunakan nama pribadi sesuai selera Anda, seperti contoh http://www.hendra.ws atau http://www.pandebaik.com. Untuk mendapatkan nama pribadi dalam blog, Anda harus menyediakan dana untuk pembelian nama domain, menyewa web hosting dan install program blog dalam website itu. Silahkan menghubungi perusahaan penyedia domain name dan web hosting Indonesia untuk kebutuhan blog menggunakan nama pribadi. Mereka akan bantu Anda.
Beragam motivasi alasan orang untuk membuat blog, diantaranya :
- Suka menulis.
- Dokumentasikan perjalanan hidup.
- Sampaikan ide pemikiran.
- Mempengaruhi masyarakat.
- Media protes/kritik tapi tidak mungkin termuat di media publik.
- Mengisi waktu.
- Ikutan tren.
- Cari kenalan/teman baru.
- Cari peluang bisnis.
- Biar ngetop dan terkenal.
- Biar berguna di masyarakat.
- Menyalurkan hobi narsisme.
- Hampa hidup tanpa nge-blog.
- dll (bagaimana menurut Anda ?).
Dari motivasi diatas, jelas akan menimbulkan manfaat dalam nge-Blog, diantaranya :
- Potensi menjadi terkenal.
- Potensi mendapat duit dari blog.
- Menjadi pintar menulis. (Bisa karena terbiasa).
- Wawasan luas.
- Lebih peka terhadap kondisi sosial.
- Punya teman baru dari berbagai daerah di dunia.
- Membangun komunitas.
- Membangun brand/merek pribadi.
- Memberikan manfaat bagi orang lain/masyarakat.
- Ide/produk akan dikenal luas melalui internet.
- Kepuasan pribadi, jadikan hidup lebih berwarna.
- dll (bagaimana menurut Anda ?).

Senin, 15 Desember 2008

Apa Tujuan Dari Bisnis Online


Sering saya katakan betapa penting menetapkan tujuan anda Berbisnis Online. Sebab itulah yang akan memandu langkah-langkah bisnis online anda. Tujuan itu yang akan menyemangati anda saat sedang lesu darah. Tujuan itu yang akan membantu motivasi anda untuk terus ACTION. Dan yang pasti, dengan memiliki tujuan yang jelas, anda akan lebih mudah menetapkan langkah apa saja yang perlu ditempuh. Kalau anda ditanya apa tujuan anda berbisnis online, saya yakin mayoritas dari anda pasti akan menjawab untuk mendapatkan uang dari internet. Betul?
Kalau betul tidak masalah. Sebab memang itulah salah satu buah dari bisnis online. Tapi selain mendapat uang, sebetulnya ada tujuan lain yang perlu anda tahu. Kira-kira apa sajakah?
Baiklah. Inilah tujuan-tujuan berbisnis online yang sudah saya sarikan.
  1. Mendapatkan penghasilan. Seperti disinggung di atas, inilah biasanya yang jadi tujuan sebagian besar yang terjun ke bisnis online. Saat awal memulainya mungkin anda hanya berniat menjadikan bisnis online sebagai sampingan. Tapi ketika mulai menikmati hasilnya yang melimpah, anda akan beralih menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Dan mungkin mengundurkan diri dari pekerjaan offline anda. Betapa nikmatnya sambil menggendong anak atau cucu, anda tetap bisa menghasilkan uang terus-menerus dari internet.
  2. Mendapatkan pengunjung. Poin kedua ini sangat berkaitan dengan poin pertama tadi. Lazimnya, besar pengunjung suatu situs web berbanding lurus dengan uang yang anda dapatkan. Maka tak heran kalau kebanyakan pemilik situs web, selalu berupaya Menjaring Pengunjung sebanyak-banyaknya. Sebab dengan begitu makin besar peluang me-monetize-kan situs web anda.
  3. Membangun komunitas. Adanya Perkumpulan komunitas produk anda sangat penting. Karena dengan begitu, mereka ikut menjadi motor penggerak kemajuan bisnis online anda. Semakin besar komunitas online anda, otomatis semakin maju bisnis anda.
  4. Berkomunikasi. Tujuan ini lumrah sekali. Karena memang internet adalah media komunikasi. Sebab itu penting memastikan agar keseluruhan aspek situs web anda, baik Tampilan maupun isi, mampu berkomunikasi secara baik kepada pengunjung. Bila salah satu sisinya ada yang bekerja tak optimal, pasti akan mempengaruhi keberhasilan anda.
  5. Mendapatkan iklan. Pada intinya sebetulnya sama dengan poin pertama tadi. Tapi sengaja saya bedakan, karena pendekatan yang dibutuhkan lain. Maksud saya kalau mendapatkan penghasilan pada poin pertama adalah mendapatkan uang dari pengunjung. Sedang kalau yang ini mendapat uang dari para pengiklan. Berarti yang anda hadapi adalah para pengiklan. Dan pendekatan yang anda perlukan berbeda dengan mendapatkan uang dari pengunjung.
Nah, itulah lima tujuan bisnis internet yang biasa diinginkan pebisnis online. Poin penting yang perlu anda camkan adalah dengan mengetahui apa tujuan anda, lebih mudah bagi anda untuk menetapkan langkah apa saja yang mesti anda perbuat. Kalau misal anda memiliki tujuan membangun komunitas, maka ACTION yang anda perbuat harus mengarah ke sana.
Pada prinsipnya keseluruhan tujuan itu saling berkait. Tapi saya percaya kalau setiap pebisnis pasti Memiliki Prioritas yang bisa jadi berbeda. Untuk itu penting untuk menetapkan apa tujuan yang terpenting bagi diri anda. Dengan memiliki prioritas, anda akan tahu apa yang paling penting untuk anda capai terlebih dulu. Kemudian jangan lupa untuk selalu ACTION berdasar prioritas tujuan anda tadi.
Di luar yang saya sebutkan di atas, anda mungkin memiliki tujuan yang sangat khusus, bersifat pribadi dan barangkali hanya anda sendiri yang tahu. Misal sebagai biaya untuk sekolah anak. Atau bagi yang masih lajang, mungkin untuk biaya pernikahan.
Itu bagus. Sebaiknya spesifikkan tujuan andaBerbisnis Oline. Karena dengan hal yang begitu dekat dengan diri anda, akan lebih membuat anda terpacu, bersemangat, dan pantang menyerah sebelum mencapainya.
Salam ACTION!

Menciptakan Content Blog yg Baik


Barangkali anda sering berpikir, apakah content blog saya sudah cukup bagus? Apa yang kurang dari content blog saya ya? Untuk mengetahuinya, anda bisa saja menilainya sendiri. Tapi biasanya karena khawatir dikira subjektif, anda kemudian meminta orang lain untuk mengomentarinya. Bisa teman anda, para pengunjung blog, atau para pakar blog. Tapi semua itu belum cukup. Selain dari diri anda dan orang lain, ukuran keberhasilan content sebuah blog diukur dari diri blog itu sendiri. Maksudnya?
Maksud saya anda bisa menilainya dari niat awal anda membuat blog. Biar lebih jelas, mari kita ingat kembali…
Kemarin saya memposting tentang 8 cara praktis membuat blog sukses spektakuler. Di bagian awal, saya katakan kalau setiap orang bisa saja memiliki tujuan yang berbeda dalam membuat blog. Bisa misal untuk tempat curhat, berbagi informasi, sebagai ajang latihan menulis, mungkin untuk menyimpan dokumen, dan 1.001 satu tujuan lainnya.
Tak ada yang salah dan tak ada yang benar. Karena semua tujuan anda pilih sendiri berdasarkan kepentingan anda. Tapi pastinya saat anda memutuskan membuat blog, anda memiliki tujuan. Sekalipun cuma iseng-iseng, ya itupun tujuan anda.
Nah, berdasarkan niat anda dalam membuat blog inilah, keberhasilan content anda dinilai. Kalau tujuan anda ngeblog adalah memperbanyak kawan, maka content anda dinilai berhasil, bila makin banyak kawan yang anda punya. Begitupun kalau tujuan anda ngeblog untuk menambah pundi-pundi uang, content dinilai berhasil jika uang anda bertambah banyak.
Tentunya, penilaian anda itu bisa dilakukan setelah Promosi Blog Anda Jadi, setelah membuat content, lakukan promosi, dan evaluasi hasilnya. Bila memang sesuai yang diinginkan, content anda berhasil. Bila belum, berarti anda perlu memperbaikinya dalam posting-posting berikutnya.
Maka, menetapkan tujuan ngeblog sangat penting artinya untuk memajukan blog anda. Karena itu sangat saya sarankan sebelum anda membuat blog jelaskan tujuan anda. Apa sebenarnya yang anda inginkan dari blog anda. Dengan memiliki tujuan yang jelas, pengembangannya menjadi lebih mudah. Dengan arah yang jelas, langkah-langkah yang spesifik untuk mencapai tujuan tersebut juga lebih mudah dilakukan. Dan dengan menetapkan tujuan yang pasti, anda bisa menulis content sesuai tujuan itu.
Anda setuju?

Ada Lima Perkara dari Blog yg Harus Anda Ketahui



Bagi saya, rasanya tak ada yang lebih membuat bahagia yaitu saat posting saya ditanggapi oleh anda semua. Komentar, pendapat, atau pertanyaan anda membuat saya terus bersemangat untuk blogging. Meski tak semua komentar bernada positif, tapi saya lapang dada. Saya anggap itu adalah bentuk perhatian anda bagi kemajuan blog ini dan dunia blog tanah air.
Nah, kali ini saya ingin membaginya untuk anda semua. Inilah lima pelajaran berharga dari aktivitas blogging yang saya lakukan selama ini.
1. Blogging Butuh Perencanaan
Blogging sekarang begitu mudah. Tinggal pilih mau mau buat blog dimana dan klak-klik maka blog kita sudah jadi. Kemudahan inilah yang kerap menggoda siapapun yang berniat mulai blogging untuk langsung blogging dan melupakan perencanaan.
Kalau anda niatnya sekadar mencoba-coba blogging boleh saja seperti itu. Tapi jika anda berniat membuat blog yang sukses spektakuler, maka aspek perencanaan tak boleh anda tinggalkan. Karena rencana itulah yang akan memandu langkah-langkah blogging anda nantinya. Apa tujuan blogging anda? Apa topik blog anda?Siapa Target Pembaca Anda??....Bagaimana promosi blog anda? Berapa hari sekali anda memposting baru? Dan pertanyaan lainnnya.
Jika planning anda telah jelas, dan anda menjalankannya secara terus-menerus, maka dijamin tak sulit membuat blog anda jadi sukses spektakuler. Kata orang bijak, separuh kesuksesan berawal dari perencanaan yang baik. Separuhnya lagi berasal dari ACTION.
2. Jaringan itu UtamaSetiap blog yang sukses spektakuler pasti memiliki jaringan atau hubungan yang kuat dengan blogger lainnya. Ini mutlak! Tanpanya, mustahil blog anda bisa memiliki traffic tinggi, back link membludak, meraih tempat terhormat di search engine, dan menghasilkan uang tanpa henti. Jaringan adalah aset terbesar dalam blogging.
3. Menjaga IntegritasBanyak jalan pintas sebetulnya untuk membuat blog menghasilkan uang dalam jumlah besar dalam sekejap. Tapi memakai cara itu saya wanti-wanti betul agar anda hindari. Kenapa? Sebab akan merusak integritas dan meruntuhkan kredibilitas anda. Sekali mungkin anda berhasil, tapi selanjutnya tak ada yang jamin. Selihai tupai melompat, pasti akan terpeleset juga. Percayalah, cara-cara tidak baik pasti akan menghasilkan hal yang buruk. Blogging mengajarkan kita untuk bersikap jujur. Maka capai blog sukses spektakuler dengan cara terhormat.
4. Serius dan Konsisten untuk ACTIONBanyak yang punya ide menarik dan unik untuk blogging. Tapi sangat sedikit yang sampai mencapai predikat blog sukses spektakuler. Apa sebab? Tidak serius dan konsisten untuk ACTION. Sehingga perencanaan yang sudah susun tinggal di atas kertas saja. Blogging mengajarkan kita agar konsisten dan serius untuk ACTION. Memposting secara teratur, sering menjalin networking, dan rutin berpromosi adalah beberapa contohnya.
5. Jangan Takut BerinvestasiDi tengah limpahan layanan gratis untuk blogging, membuat banyak orang enggan berinvestasi. Padahal bagi blogger yang memang serius berniat menjadikan blognya sebagai ladang uang, investasi wajib hukumnya.
Yang penting diingat, selama investasi untuk aktivitas blogging anda menuai untung dan mendorong kemajuan bisnis internet anda, jangan pernah ragu berinvestasi. Memakai hosting dan domain berbayar, belajar blogging, menggunakan layanan autoresponder berbayar adalah beberapa contohnya. Berdasar pengalaman saya, investasi uang yang saya keluarkan untuk aktivitas blogging kembali dengan hasil yang jauh lebih besar berkali-kali lipat.
Itulah lima pelajaran berharga yang saya peroleh dari kegiatan blogging selama ini. Bagaimana menurut anda?
Saya yakin anda pun punya pengalaman dan pelajaran berharga dari blogging. Silakan anda bagikan di sini. Dan mari kita diskusikan bersama…

{ 0 komentar... read them below or add one }